KULTUM PENDAR HIKMAH

HAKIKAT HAWALAH

Oleh : CM. Hizboel Wathony
Ahad, 03 Maret 2019 / 25 Jumadits Tsani 1440 Hijriyah

“Dalam kehidupan tidak sunyi dari ujian dan cobaan dan Allah akan memberikan beban ujian dan cobaan pada setiap hamba-Nya yang sesuai dengan kadar kemampuan hamba itu sendiri”


Anak-anakku semuanya,
Mari kita bersyukur kembali kepada Allah SWT dimana Allah SWT telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada kita. Syukur kita kepada Allah SWT ialah dengan mengekspresikan dimana kita harus tetap mengabdi kepada Allah SWT sebagai bukti rasa syukur kita.

Anak-anakku semuanya,
Hidup memang beban, Hidup ialah perjuangan, hidup juga cobaan. Orang hidup ialah orang yang berani berjuang dan orang yang berani berjuang berarti ia berani menerima resiko apapun yang ada di dalam perjuanagan. Banyak orang yang mengatakan “kenapa saya mendapatkan ujian den cobaan yang begitu beran dan sangat begitu rasanya yang saya tidak mampu dan kuat”. Pandangan semacam itu salah besar karena hakekatnya Allah SWT tidak pernah memberikan beban berat kepada hamba-Nya. Allah SWT tidak pernah memberikan sesuatu apapun melampaui kadar hamba-Nya sebagaimana firman Allah SWT :

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al Baqarah ayat 286)

Allah SWT tidak akan memberikan beban apapun yang melampaui batas batas kemampuan itu sendiri termasuk ujian dan cobaan. Allah SWT tidak akan memberikan ujian dan cobaan yang hamba-Nya tidak mampu menerimanya. Jadi jangan kemudian menuduh Allah SWT tuhan yang tidak adil. Menuduh Allah SWT tuhan yang memberikan benan kepada hambanya. Ingatlah bahwa semua yang ada pada diri dan semua yang kita lakukan dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial itu bukan untuk Allah SWT melainkn kembali kepada diri kita. Memang seharusnya kalau orang tauhid itu semua milik Allah SWT tetapi bukan untuk Allah SWT, kepunyaan Allah SWT, yang artinya kita hawalah yaitu tiada daya dan upaya bahwa daya dan upaya itu milik Allah SWT karena kita tidak mempunyai sesuatu apapun. Tetapi yang dimaksud ialah bahwa orang orang yang mendapatkan ujian dan cobaan kembali ke dalam diri. Persis seperti anak anak yang menerima ujian di kelasnya maka semua kembali kepada orang yang diuji coba sebagaimana hamba. Hamba Allah yang itu akan mendapatkan nilai yang istimewa di sisi Allah SWT. Sebut saja orang Yang mendapatkan ujian dan cobaan dengan berbagai macam ujian dan cobaan Allah SWT selalu menyuruh bersabar karena Allah SWT selalu bersama dengan orang orang yang sabar. Memang sabar itu berat sebagaimana firman Allah SWT saat orang itu disuruh bersabar kemudian Allah SWT menyatakan :

‎وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (QS. Al Baqarah ayat 45)

Sabar dan shalat itu berat karena sabar itu terkait dengan hati dalam hal kehidupan sosial Sedangkan shalat berat karena terkait ibadah ritual. Makanya disebut yang demikian itu berat kecuali orang orang yang khusyu yang benar benar mesra kepada Allah SWT yang artinya cintanya kepada Allah SWT melebihi dari segala galanya. Maka benar jika Allah SWT menyatakan “bahwa Allah SWT tidak memberikan beban kepada hambanya atas suatu beban apapun, memberikan beban apa saja sesuai kemampuan hamba-Nya. Allah SWT akan memperhitungkan, menulis, membalas amalan yang nyata maupun tidak nyata baik amalan itu dalam arti baik maupun buruk, jahat maupun baik semua akan diperhitungkan oleh Allah SWT dan kembali kepada orang orang yang menerimanya yang ada usaha dan ikhtiar dalam amal ibadah dan perjuangan dan ujian dan cobaan saat ia menerimanya. Maka saat menerima ujian dan cobaan tiada kata lain selain “innalillahi wa inna illaihi roji’un”.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156) أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ (157)
(155) Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (156) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". (157) Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al Baqarah)

Mereka mengatakan sesungguhnya kami dari Allah SWT, milik Allah SWT dan kembali kepada Allah SWT karena memang sesungguhnya semua itu milik Allah SWT. Allah SWT menyatakan “orang orang yang saat menerima ujian dan cobaan mengatakan qoliu innalillahi wa inna illaihi roji’un itulah orang orang yang sabar karena Allah SWT mengatakan di dalam ayatnya sebelumnya yaitu :

“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”

Yang berarti hanya orang orang yang sabar yang dapat menerima ujian dan cobaan tersebut. Maka sabar disinipun dimaknakan sabar yang baik dan benar yang sesuai dengan syariat nabi Muhammad SAW dan sesuai dengan ketetapan Allah SWT bukan sabar menurut nafsu manusia itu sendiri. Jadi sabar disini tentunya ada ushaa dan ikhtiar yang disebut sabar aktif barulah mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT yang disebut menerima kabar gembira.

Last Post

Hakikat Hawalah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 17 Februari 2019

Click Me

Berlimpah Rizki
Mursyid Akmaliah - Ahad, 10 Februari 2019

Click Me

Takdir Mubram Dan Muallaq
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 02 Februari 2019

Click Me

Mengenal Diri Dan Tuhannya
Mursyid Akmaliah - Ahad, 27 Januari 2019

Click Me

Hakikat Salam Dalam Shalat
Mursyid Akmaliah - Ahad, 20 Januari 2019

Click Me

Ruku Dalam Kehidupan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 13 Januari 2019

Click Me

Cermin Kehidupan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 06 Januari 2019

Click Me

Hakikat Menghadap Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 30 Desember 2018

Click Me

Hakikat Takbirotul Ikhrom
Mursyid Akmaliah - Ahad, 23 Desember 2018

Click Me

Hakikat Kiblat
Mursyid Akmaliah - Ahad, 16 Desember 2018

Click Me

Shalat Itu Mikraj
Mursyid Akmaliah - Ahad, 09 Desember 2018

Click Me

Target Mendirikan Shalat
Mursyid Akmaliah - Ahad, 02 Desember 2018

Click Me

Hakikat Thoharoh
Mursyid Akmaliah - Ahad, 25 November 2018

Click Me

Hakikat Wudhu
Mursyid Akmaliah - Ahad, 18 November 2018

Click Me

Hakekat Istinja
Mursyid Akmaliah - Ahad, 11 November 2018

Click Me

Bersyukur Dalam Pengabdian
Mursyid Akmaliah - Ahad, 04 November 2018

Click Me

Saling Mengasihi
Mursyid Akmaliah - Ahad, 28 Oktober 2018

Click Me

Santri Nusantara
Mursyid Akmaliah - Ahad, 21 Oktober 2018

Click Me

Muhasabah Dan Memaafkan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 14 Oktober 2018

Click Me

Implementasi Syukur
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 06 Oktober 2018

Click Me

Menyayangi Anak Yatim
Mursyid Akmaliah - Ahad, 30 September 2018

Click Me

Malu Hanya Pada Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 23 September 2018

Click Me

Kalender Hijriyah Yang Terlupakan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 16 September 2018

Click Me

Mengabdi Hanya Pada Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 09 September 2018

Click Me

Doa Di Antara Dua Sujud
Mursyid Akmaliah - Ahad, 02 September 2018

Click Me

Hakekat Qurban
Mursyid Akmaliah - Ahad, 26 Agustus 2018

Click Me

Bersegera Memenuhi Panggilan Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 19 Agustus 2018

Click Me

Fitnah Kehidupan Dunia
Mursyid Akmaliah - Ahad, 12 Agustus 2018

Click Me

Kesenjangan Dalam Rumah Tangga
Mursyid Akmaliah - Ahad, 05 Agustus 2018

Click Me

Birrul Walidain
Mursyid Akmaliah - Ahad, 29 Juli 2018

Click Me

Sabar Menjadi Perisai Hidup
Mursyid Akmaliah - Ahad, 22 Juli 2018

Click Me

Tawakal Hanya Pada Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 15 Juli 2018

Click Me

Takdir Mubram Dan Muallaq
Mursyid Akmaliah - Ahad, 08 Juli 2018

Click Me

Enam Hari Puasa Di Bulan Syawal
Mursyid Akmaliah - Ahad, 01 Juli 2018

Click Me

Riya’
Mursyid Akmaliah - Ahad, 24 Juni 2018

Click Me

Hubbu Dunya
Mursyid Akmaliah - Ahad, 17 Juni 2018

Click Me

Menghitung Ibadah Puasa Kita
Mursyid Akmaliah - Kamis, 14 Juni 2018

Click Me

Kembali Pada Fitrah Diri
Mursyid Akmaliah - Kamis, 14 Juni 2018

Click Me

Berdoa Sesuai Kehendaknya
Mursyid Akmaliah - Rabu, 13 Juni 2018

Click Me

Menjaring Lailatul Qodar
Mursyid Akmaliah - Selasa, 12 Juni 2018

Click Me

Hakikat Hijab
Mursyid Akmaliah - Senin, 11 Juni 2018

Click Me

Hakikat Iman, Islam Dan Ihsan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 10 Juni 2018

Click Me

Nur Allah Meliputi Kehidupan
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 09 Juni 2018

Click Me

Menghitung Waktu
Mursyid Akmaliah - Jumat, 08 Juni 2018

Click Me

I'tikaf Menjernihkan Jiwa
Mursyid Akmaliah - Kamis, 07 Juni 2018

Click Me

Tawadhu’ Dalam Beribadah
Mursyid Akmaliah - Rabu, 06 Juni 2018

Click Me

Ruh Ibadah Ialah Ikhlas
Mursyid Akmaliah - Selasa, 05 Juni 2018

Click Me

Banyak Amal Berlimpah Anugerah
Mursyid Akmaliah - Senin, 04 Juni 2018

Click Me

Sambut Panggilan Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 03 Juni 2018

Click Me

Doa Dikabulkan
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 02 Juni 2018

Click Me

Mengistirahatkan Jiwa
Mursyid Akmaliah - Jumat, 01 Juni 2018

Click Me

Menyibak Tirai Takdir
Mursyid Akmaliah - Kamis, 31 Mei 2018

Click Me

Kehendak
Mursyid Akmaliah - Rabu, 30 Mei 2018

Click Me

Hamba Hawalah
Mursyid Akmaliah - Selasa, 29 Mei 2018

Click Me

Syarat Taubat
Mursyid Akmaliah - Senin, 28 Mei 2018

Click Me

Luas Ampunan Allah
Mursyid Akmaliah - Ahad, 27 Mei 2018

Click Me

Sikap Hati Dalam Berpuasa
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 26 Mei 2018

Click Me

Merasa Bisa Dan Mampu
Mursyid Akmaliah - Jumat, 25 Mei 2018

Click Me

Qona’ah Atau Nerimo
Mursyid Akmaliah - Kamis, 24 Mei 2018

Click Me

Puasa Menghancurkan Ego
Mursyid Akmaliah - Rabu, 23 Mei 2018

Click Me

Hajbun, Tirai Atau Penghalang
Mursyid Akmaliah - Selasa, 22 Mei 2018

Click Me

Sum’ah
Mursyid Akmaliah - Senin, 21 Mei 2018

Click Me

Malal, Penjemu Dan Pembosan
Mursyid Akmaliah - Ahad, 20 Mei 2018

Click Me

Futur, Lemah Dalam Mendirikan Ibadah
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 19 Mei 2018

Click Me

Kasal, Segan Atau Pemalas
Mursyid Akmaliah - Jumat, 18 Mei 2018

Click Me

Niat Karena Bersyukur
Mursyid Akmaliah - Kamis, 17 Mei 2018

Click Me

Namimah Alias Fitnah
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 12 Mei 2018

Click Me

Ghibah, Membicarakan Aib Saudaranya
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 05 Mei 2018

Click Me

Ghadab Alias Marah
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 28 April 2018

Click Me

Takabur Alias Sombong
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 21 April 2018

Click Me

Ujub Alias Narsis
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 14 April 2018

Click Me

Hakikat Isra' Mi'raj
Mursyid Akmaliah - Jumat, 13 April 2018

Click Me

Hasud Alias Dengki
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 07 April 2018

Click Me

Zhon, Sumber Penyakit Hati
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 31 Maret 2018

Click Me

Nafsu Dalam Diri Manusia
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 24 Maret 2018

Click Me

Syirik, Menyekutukan Allah
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 17 Maret 2018

Click Me

Sabar Dalam Ujian & Cobaan
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 10 Maret 2018

Click Me

Anugerah Yang Berlimpah
Mursyid Akmaliah - Sabtu, 03 Maret 2018

Click Me

Narasi Cinta
Mursyid Akmaliah - Ahad, 25 Februari 2018

Click Me