TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 02 Agustus 2018/20 Dzul Qa’dah 1439H


Sabtu , 04 Agustus 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Kamis, 02 Agustus 2018/20 Dzul Qa’dah 1439H


_____________

SALIKAH
Bapak, ada orang non muslim baik sekali. Apakah boleh saya mendoakannya agar medapatkan hidayah, panjang umur dan sehat ?mengingat umurnya sudah 80 lebih tahun.

MURSYID
Boleh mendoakan siapa saja termasuk orang non muslim selama mereka masih hidup, tapi kalau sudah meninggal dunia dan jelas-jelas mereka tidak pernah membaca syahadat untuk masuk islam, maka hukumnya haram.
_____________

SALIKAH
Bapak, mohon penjelasan terkait dengan pembahasan "alastu birobbikum" :
1. Apakah peristiwa ini saat Nurrullah main"petak umpet" dengan Nur Muhammad? 
2. Nur Muhammad itukah yg disebut insan hakiki dalam diri kita?
3. Apakah sholat itu penjabaran dari alastu birobbikum?pengakuan kita sebagai hamba?
4. Allah berfirman "Sesungguhnya kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung2 tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya lalu dipikullah amanat itu oleh manusia." Apakah yg dimaksud amanat itu Nur Muhammad?

MURSYID
1. Kenapa harus ada istilah "main petak umpet" kaya "bocah dolanan" wae.. Dalam pemahaman "ALASTU BIROBBIKUM, QOOLUU BALAA SYAHIDNA" itu ada pada peristiwa alam arwah dimana semua ruh diberikan kesaksian dan sekaligus menjadi IMAN saat turun ke bumi.
2. Boleh dipahamkan semacam itu, tapi harus dipahami tentang NUR MUHAMMAD dalam artian yang sesungguhnya dan pembahasannya ada dalam pengajian di MALAM SABTU (PAS MASA) atau di SELASA MALAM (PAS SEMA).
3. Bukan, melainkan Sunnatullah yang meliputi lahir batin..
_____________

SALIKAH
Bapak, adakah wiridan atau dzikiran untuk cinta suaminya ke istrinya? Karena suami Istri tersebut dalam kerenggangan sedikit.

MURSYID
Insya Allah doa Bapak mengalir dan silahkan amalkan zikir puji hari secara istiqomah dimana saja berada dan sambil apa saja dan boleh di zaharkan atau disirrikan (dilisankan atau di dalam hati), pergantiannya setiap selesai shalat maghrib, seperti di bawah ini:

‎سـبحان الله  AHAD
‎الحمــد لله  SENIN
‎لا اله الّا الله  SELASA
‎الله اكبر  RABU
‎لاحول ولاقـوّة الّا بالله العلىّ العـظيم  KAMIS
‎اللّهــمّ صـلّ على محمّد وال محمّد  JUMAT
‎أسـتغفرالله العـظيم SABTU
_____________

SALIKAH
Bapak, Bagaimana caranya kita mendoakan orang tua kita yg sudah meninggal biar doa kita sampai di alam kubur? Mohon penjelasn dan bimbingannya.

MURSYID
Setiap doa itu akan sampai, doakanlah sesuai yang kamu pahami dan mengerti walau dengan bahasamu sendiri. Berdoa setiap selesai shalat itu lebih baik bagimu untuk yang didoakan..
_____________

SALIKAH
Bapak, jika Rizki (berupa materii)  itu ada fasilitas untuk mencari ibadah, bagaimana dengan manusia yg tidak mendapat Rizki berupa materi tersebut? harus melakukan apa untuk menjemput Rizki tersebut? Sedangkan usaha doa dan ikhtiar sudah dilakukan. Mohon doa bimbingan bapak

MURSYID
Setiap makhluk apapun telah ditetapkan rezekinya, bagi kebanyakan manusia rezeki itu harus dijemput, jangan ada kata bosan dalam usaha dan ikhtiar, jangan katakan sudah melakuakan semuanya, terus berjuang dalam usaha dan ikhtiarnya, karena alibi yang paling masuk akal itu menyatakan "sudah banyak yang dilakukan dalam usaha dan ikhtiar tapi belum juga ketemu rezeki." Terus usaha dan ikhtiar hingga ditemukannya rezeki yang dijemput.
_____________

SALIKAH
Bapak, apakah yang dimaksud assolatu daimul haq?

Saat solat,jasmani kita menghadap kiblat baitullah namun pandangan hati kita berkiblat pada qalbu, Memperhatikan nafas keluar dan masuk sebagai penyatuan pecinta dan yg cinta, apakah yang demikian sikap dalam shalat Bapak? mohon bimbingannya.

MURSYID
Iya itu sudah bagus dan lanjutkan serta istiqomah dalam sikap pandangnya..
_____________

SALIKAH
Bapak, saya baru saja memutuskan hubungan dengan pria yang dekat dengan saya, tapi masih berharap suatu saat disatukan kembali di saat yang tepat. Bagaimanakah hal ini menurut Bapak?

MURSYID
Kalau keputusanmu bulat demi kebaikan semuanya saat-saat ini, itu lebih baik bagimu dan dirinya. Harapanmu boleh dan semoga Allah mencukupkan harapanmu..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel