TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK - Jumat, 20 Juli 2018/07 Dzul Qa’dah 1439H


Jumat , 20 Juli 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK
Jumat, 20 Juli 2018/07 Dzul Qa’dah 1439H


SALIKAH
Mohon penjelasan Bapak mengenai ;
1. Bapak bagaimana cara agar bisa membaca alqur'anul mubin?
2. Jin dan manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk menyembahNYA, apakah dari golongan jin juga ada yang sampai ke maqom waliyullah atau insan kamil?
3. Apakah yang dilakukan salikin agar keluarganya,orang tua,anak istri bisa mendapatkan syafaat dari bapak kelak di hari kiamat?

MURSYID
1. Dengan Dzikir Fikri, maksudnya peka dengan situasi dan lingkungan, selalu husnuzhon dengan apapun yang didatangkan Allah kepadamu.
2. Tidak ada, derajat Waliyullah dan Insan Kamil hanya dinobatkan pada Manusia Fi Ahsanit Taqwim.
3. Istiqomah nunut manut dan mengamalkan apa yang telah diamanatkan dan dianugerahkan kepadanya serta menjaga hati untuk tetap husnuzhon pada Mursyidnya dengan keimanan yang jazam..

_____________

SALIKIN
Bapak, ada yang berpandangan kajian on line adalah hanya basa basi dan bukan yang sebenarnya sehingga tidak penting untuk di ikuti. Apakah yang seperti ini adalah alamat naik maqom ruhaniahnya atau bagaimana Bapak?

MURSYID
Alamat akan mendapat kerusakan dalam hati dan jiwanya..

_____________

SALIKIN
Bapak, mohon penjelasan mengenai :
1. Hal-hal apa sajakan yang membatalkan kaifiat Puasa Aqikah dan harus mengulang kembali?
2. Apabila salah satu Dzikr Puasa Aqikah terlupakan karena keadaan apakah wajib di ulang Puasa Aqikahnya?
3. Di perusahaan tempat sy berkerja ada salah seorang pimpinan yang sering kali melakukan Fitnah dan Caci maki terhadap anak buahnya dan kejadiannya pun selalu berulang dan terus berulang. Langkah apakah yang terbaik bagi saya agar tidak terpancing dalam menyikapi hal tersebut?

MURSYID
1. Sebagaimana yang membatalkan puasa wajib dalam bulan Ramadhan.
2. Tidak perlu, tapi cukup menebus zikirnya diwaktu yang senggang.
3. Sabar dan waspada yang disertai tetap memandang bahwa itu semua didatangkan dari Allah untuk mengujimu agar kamu selalu ingat pada Allah.

_____________

SALIKIN
Bapak, Apa hukumnya kalau kita benci atau tidak suka dengan suami karena suami macam macam yang akhirnya kita tidak mau deket dengannya?

MURSYID
Kalau laki-laki itu sah sebagai suamimu, sebaiknya tetap melayani dan berusaha untuk dekat dengannya, kecuali macam-macam nya itu melanggar syari'at Islam tapi tetap saja tidak boleh menjauhinya, harus mengingatkannya, bila sampai tiga kali mengingatkan pada perkara yang sama tetap dilakukan maka boleh menjauhi dengan pisah tidur untuk memberikan pembelajaran, namun dalam urusan rumah tangga seperti menyediakan apa saja kebutuhan suami itu harus tetap dilakukannya, sebab akan menjadi dosa bagimu bila tidak menyediakan kebutuhannya.

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel