TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 19 Juli 2018/06 Dzul Qa’dah 1439H


Jumat , 20 Juli 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Kamis, 19 Juli 2018/06 Dzul Qa’dah 1439H

_____________

SALIKAH
Bapak mohon penjelasan terkait masalah aqiqah :
1. Apakah aqiqah hukumnya wajib atau sunah?
2. Apabila aqiqah itu diberikan kepada orang yang sudah meninggal boleh atau tidak?

MURSYID
1. Aqiqah itu hukumnya SUNNAH MUAKADAH artinya amalan yang sangat dianjurkan terutama bagi orang-orang yang sedang berlebih rezekinya. Setiap anak itu tergadai hingga di aqiqahkan, untuk laki-laki dua kambing bandot dan untuk perempuan satu kambing bandot yang bagus. Aqiqah dianjurkan sepekan setelah kelahirannya dan dibarengi dengan mencukur rambut serta diberinya nama bagi anak tersebut. Jika pada saat itu belum ada rezeki, maka tak mengapa aqiqahnya ditunda pada saat sudah leluasa rezekinya.
CATATAN : Banyak orang merayakan ulang tahun anaknya yang biayanya lebih dari untuk aqiqah, tapi belum melaksanakan aqiqah untuk anak tersebut.
2. Aqiqah hanya untuk anak yang baru lahir dan hidup, bukan untuk orang yang sudah meninggal dunia..

_____________

SALIKAH
Bapak, untuk sholat taubat itu apakah dilakukanya setelah kita melakukan kesalahan atau bisa dilakukanya setiap hari dan kapan waktu yang bagus untuk solat tobat ?

MURSYID
Setiap dosa itu wajib ditaubati dan saratnya ada empat:
1. Menyesali atas perbuatan dosanya
2. Berhenti dari perbuatan yang menghasilkan dosa (maksiat)
3. Barjanji untuk tidak mengulanginya
4. Menyelesaikan persoalan atau perkara yang terkait dengan manusia (ini khusus dosa yang ada kaitannya dengan sesama manusia seperti telah menzaliminya dan lain sebagainya).
Nah, shalat itu rankaian dari tatacara untuk bertaubat walau tanpa shalat juga bisa melakukan taubat.

_____________

SALIKAH
Bapak bagaimana mengatasi anak yg masih usia SD yg kadang kalau ada keinginannya harus segera di turuti sampai sy sering jengkel dan tidak bisa mengendalikan kemarahan sy, apakah itu ujian buat saya? mohon bimbingannya Bapak.

MURSYID
Harta dan anak-anakmu itu ujian dari Allah yang harus dihadapi dan disikapi dengan sabar dan tawakkal kepada-Nya. Pola pendidikan terhadap anak terkadang orang tua kalah dengan perasaannya terlebih sebagai seorang ibu. Intinya, sanjung dan beri hadiah saat anak berprestasi, beri hukuman saat anak bersalah. Dua hal tersebut agar tertanam dalam dirinya bahwa ada konsekwensi saat melakukan apapun. Nah, bila anak tersebut keras kepada orang tua dengan kemauannya yang harus dituruti, perkuat hatimu dengan sabar untuk tidak memberikannya, kecuali dengan syarat-syarat tertentu, bila mau mengikuti syaratnya maka boleh berikan apa yang diminta, bila mengingkarinya maka kedepannya harus kuat hatimu untuk tidak memberikan apa yang diminta sebagai konsekwensinya. Namun, lagi-lagi orang tua selalu kalah dengan anak karena tidak mampu mengendalikan perasaannya sehingga bisa dipermainkan oleh anak dengan caranya..

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah zikir yg kita amalkan bisa menghapus kesalahan yg lalu ataukah ada amalan khusus untuk memperbaiki amalan ibadah kita yg masih kurang di masa lalu?

MURSYID
Insya Allah, amalan atau ibadah apapun itu bagai air yang mengalir dan membersihkan jiwa dan hatimu, sedangkan dosa itu bagai kotoran yang menempel di dalam dirimu, kotoran itu akan menjadi bersih kalau selalu disiram dengan air atau dicuci dengan pembersih. Betulah perumpamaan antara amalan yang menghasilkan pahala dengan kemaksiatan yang menghasilkan dosa..

_____________

SALIKAH
1. Bapak, kalau kita sudah shalat mutlak apa kita masih boleh mengerjakan shalat sunah?
2. Kalau kita mengerjakan shalat secara duduk, bagaimana cara takbiratulnya?

MURSYID
1. Boleh dan silahkan perbanyak shalat sunnah sebelum dan sesudah melakukan shalat wajib.
2. Tetap dalam kondisi duduk..

_____________

SALIKAH
Bapak, kalimat A'udzu billaahi minas syaitonnir rojim artinya Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yg terkutuk. Setan yg dimaksud disini apakah setan dalam diri kita yg berupa nafsu jahat ataukah di luar diri kita?

MURSYID 
Setan yang di dalam diri dan juga yang ada diluar diri, sifatnya menyeluruh..

_____________

SALIKAH
Al insanu sirri wa ana sirruhu.
Dengan Amalan yg Bapak berikan, dapatkah kita membuka tabir rahasianya? Apakah Perbedaan hati dengan qalbu yang selalu bergolak antara perasaan baik dan buruk ?

MURSYID 
Insya Allah dengan daya dan upaya-Nya semua bisa, termasuk tabir atau hijab yang berlapis. Adapun perbedaan HATI dengan QALBU, secara bahasa (indonesia) itu tidak ada perbedaannya karena itu kata sinonim, tapi bila mengacu pada ISTILAH ILMU TASAWWUF dalam pengertiannya itu berbeda. Yang dikehendaki HATI ialah segumpal daging yang ada di dalam dada manusia sedangkan QALBU itu lebih pada wilayah nafsaniah dan ruhaniah seperti yang dirasakan dalam diri dengan perasaan suka dan duka. Qalbu itu ada tujuh tingkatannya, tapi Bapak tidak akan menjelaskan disini..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel