TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 12 Juni 2018/27 Ramadhan 1439H


Selasa , 12 Juni 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari         : Selasa,
Tanggal  : 12 Juni 2018/27 Ramadhan 1439H


_____________

SALIKAH
Bapak, mengenai kurma Almaidah, adakah doa khusus sebelum kita memakannya atau doanya cukup dengan basmalah?

MURSYID
Sebenarnya dengan BISMILLAH sudah cukup, tapi kalau mau atau ingin lebih bermanfaat ke yang khusus maka boleh berdoa sesuai dengan kebutuhan saat itu, seperti memohon untuk dilepaskan dari berbagai himpitan atau penyakit atau lain sebagainya..

_____________

SALIKAH
Bapak, untuk seorang laki-laki kalau sholat mata kakinya apakah harus keliatan? Karena suami saya kalau solat pakai celana atau sarung masih di bawah mata kaki sampai ke lantai.

MURSYID
Tidak mengapa, karena mata kaki keliahatan atau tidak itu bukan menjadi rukun dan syarat sah shalat, hanya adab saja atau kehati-hatian agar sarungnya saat jalan di tempat umum tidak menyeret najis yang dapat membatalkan shalatnya.

_____________

SALIKAH
Bapak, Bagaimanakah cara menghilangkan rasa benci pada sesuatu dan selalu ridho dengan suatu keadaan yang telah ditetapkan Allah SWT ?

MURSYID
Amalkan ilmu tauhid yang telah kamu terima seperti memandang bahwa pada hakikatnya semua yang datang dikehidupanmu itu dikirim oleh Allah. Nah, dengan cara demikian kamu akan reda gejolak yang ada di dalam hatimu.

_____________

SALIKAH
Bapak, sesungguhnya semua kehendak adalah kehendak Allah, ada juga disebut hamba punya kehendak tapi tiada hakekatnya. Lalu yang jadi pertanyaan mana yang dapat dirasakan bagi kita membedakan kehendak tuhan dan kehendak hamba?

MURSYID
Untuk awal mula mengenalinya ialah; Kehendak hamba lebih cenderung kepada nafsu yang berkisar pada kenikmatan jasmaniah, sedangkan Kehendak Tuhan itu selalu berada di wilayah ruhaniah seperti pengambdianmu pada Allah dalam ibadah ritual maupun sosial. Jadi, kalau disederhanakan bahwa kehendak Allah yang ada pada hamba ialah segala bentuk keinginan yang baik-baik, sedangkan kehendak nafsu itu segala keinginan yang buruk-buruk.

_____________

SALIKAH
Bapak, Dalam hadits disebutkan bahwa puasa dibagi tiga fase, fase pertama rahmat, fase kedua maghfirah, dan fase ketiga itqun minannar. Pertanyaannya, kenapa bisa dipisah-pisah begitu Bapak, apakah hal tersebut berhubungan dengan kondisi fisik dan jiwa kita yang sedang berpuasa, dan bagaimana tips untuk mendapatkan ketiga-tiganya Bapak, mohon penjelasannya, terima kasih.

MURSYID
Allah selalu menjelaskan tentang apa saja itu ada tingkatannya seperti surga dan neraka, langit dan bumi termasuk dalam berbagai ibadah dan keistimewaannya, dalam bulan ramadhan sengaja ada istilah 10 hari pertama Rahmah, karena awal mula orang memulai puasa itu harus adaptasi dan yang dapat rahmah itu yang bisa beradaptasi dari biasa makan minum disiang hari diganti menjadi malam hari, setelah itu orang akan masuk ke wilayah nafsaniah (jiwa/hati) yang terkait dengan berbagai dosa, untuk itu Allah menyediakan ambpunan bagi barangsiap yang istiqomah menjalankan ibadah dalam bulan ramadhan teristimewa di 10 hari pertengahan dan akhirnya siapa saja yang istiqomah beserta dengan kegiatan ramadhannya seperti puasa, menghidupkan malam ramadhan dan memperbanyak sodakoh maka ia berhak mendapatkan itqun minan nar dan juga lailatul qadr yang keistimewaannya melebihi dari ibadah seribu bulan.

_____________

SALIKAH
Bapak, mohon penjelasannya :
1. Ada seorang istri atau perempuan yg bertanya bahwa dia membelikan baju buat ibunya dan ibu mertuanya. Dia sendiri tidak bekerja jadi yang kerja mencari uang adalah suaminya. Lalu dia bertanya “Membelikan baju mertua lebih mahal dari ibu kandung sendiri apakah berdosa?" Dia bertanya tentang/seperti itu adakah jawaban dari al qur"an atau hadis tentang pertanyaan itu? 
2. Benarkan anak laki-laki adalah milik ibunya dan harus taat pada ibunya karena ridho dan murka ibunya adalah adalah ridho dan murka Alloh?

MURSYID
1. Intinya menyenangkan hati kedua orang tua, baik orang tua kandung maupun orang tua sambung (mertua), keduanya sebenarnya sama saja sebagai orang tua dan tidak boleh dibedakan. Jadi, tidak berdosa kalau memang secara psikologi lebih mengutamakan orang tua suaminya demi pengabdiannya dan begitu pula pada orang tua kandungnya. Kalau kaitan dengan pengabdian pada orang tua ialah ada dalam surat Al-Israa ayat 23 dan 24 yang artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintakhan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "AH" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penu kasih sayang dan ucapkanlah: Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mengasihi dan mendidik aku di waktu kecil."
2. Tidak seperti itu, semua anak adalah tanggungjawab kedua orang tuanya dan harus berbakti kepada kedua orang tuanya. Ridho Allah ada pada Ridho kedua orang tuamu bukan hanya pada Ibumu.

_____________

SALIKAH
Bapak, untuk seorang istri dan seorang ibu yang slalu disibukkan dengan kewajiban sosialnya terhadap anak dan suami hingga tersisa rasa penat dan lelah dan hampir kehilangan waktunya untuk diri sendiri untuk ibadah ritualnya namun tidak sampai meninggalkannya dan terkadang ada rasa sedih karena tidak bisa total dalam ibadah ritualnya kepada Allah, apakah berarti dia kehilangan kesempatan untuk meraih keistimewaan yang Allah tebarkan di bulan Romadhon ini Bapak? Mohan bimbingannya. 

MURSYID
Bahkan mendapatkan keistimewaan di bulan Ramadhan selama ia ikhlas melayani suami dan anak-anaknya dengan rasa mengabdi kepada Allah. Karena ibadah itu bukan sebatas ritual saja, tapi bagi wanita apa saja yang dilakukan di rumahnya itu sebagai bentuk ibadah karena menyenangkan hati suami dan menjadikan anak-anaknya sehat dan cerdas serta shalih shalihah..

_____________

SALIKAH
Bapak, Bagaimana cara meminta maaf atas kesalahan terhadap orang tua yang sdh meninggal? Mohon bimbingannya Bapak.     

MURSYID
Berdoa kepada Allah agar orang tuamu di ampuni segala dosa-dosanya dan mengabdilah dirimu pada suamimu Insya Allah orang tuamu telah memaafkan kamu dan juga mendapatkan rahmah dari Allah karena kesalehanmu..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel