TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK - Jumat, 08 Juni 2018/23 Ramadhan 1439H


Jumat , 08 Juni 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK
Jumat, 08 Juni 2018/23 Ramadhan 1439H

 

SALIKAH
Bapak, bagaimanakah tanda-tanda mendapatkan malam-malam LAILATUL QADR?

MURSYID
Ada beberapa tingkatan orang yang mendapatkan LAILATUL QADR sesuai derajat dan maqomnya, Adapun tanda-tanda bagi salikin atau kebanyakan orang yang mendapatkan LAILATUL QADR ialah kesejukan dan ketentraman yang dirasakan di dalam hati dan berikutnya dalam kehidupan sehari-hati tampak semangat dalam ibadah dan juga bertambah baik akhlaknya..

_____________

SALIKAH
Bapak, Saya seorang janda dengan seorang anak. Awal bulan ini komplek perumahan kami akan mengaspalan jalan. Tiap-tiap rumah dibebankan dana yg sudah dibagi rata. Saya langsung membayarkan uang yang disebutkan oleh panitia. Tetapi beberapa panitia mengingatkan saya untuk membayar separo/semampunya saja mengingat saya hanya sendiri(seorang janda). Tapi saya menolak. Dalam hal ini apakah saya bersikap sombong? Dan apabila dikemudian hari ada fasilitas-fasilitas seperti itu (untuk seorang janda) apakah halal hal-hal tersebut untuk saya ?

MURSYID
Sebaiknya terima keringanannya dan bila kamu menolaknya maka yang tahu sombong atau tidak itu hanya dirimu karena rasa itu hanya kamu yang merasakan bahwa kamu itu bisa atau mampu atau tidak mau disepelekan itu hanya dirimu. Tentu saja HALAL bagimu bahkan kamu juga berhak menerima zakat jika dirimu tidak berpenghasilan atau penghasilannya pas-pasan.

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel