TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 15 Mei 2018/29 Sya’ban 1439H


Selasa , 15 Mei 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari         : Selasa,
Tanggal  : 15 Mei 2018/29 Sya’ban 1439H

 

SALIKAH
Bapak, Tentang penciptaan malaikat seperti dalam kalam hikmah tempo hari yaitu malaikat azazil diciptakan dari Api (sehingga menjelma menjadi iblis/syetan atas kehendakNYA), juga pada tausiyah Bapak ketika mulaqah dan tabayyun di jogja kemarin bahwa dalam al-Qur'an Allah menciptakan dua yaitu Jin dan Manusia dimana Jin diciptakan dari api dan manusia diciptakan dari saripati tanah. Apakah malaikat itu termasuk pada golongan Jin Bapak? Ada pula ulama menerangkan bahwa manusia itu diciptakan dari tanah, malaikat diciptakan dari Nur (sehingga sifat malaikat selalu tunduk patuh pada perintah Tuhan / tidak pernah membangkang) dan syetan/iblis/jin itu diciptakan dari api, saya bingung Bapak mengenai penciptaan malaikat (azazil) yang dari api tersebut, berkaitan dengan penyampaian ulama yang menerangkan malaikat dari Nur bangsa syetan/jin dari api, dan yang dipahami masyarakat awam umumnya juga seperti itu Bapak.

MURSYID
Pada dasarnya Allah hanya menciptakan dua makhluk lahiriah dan batiniah, yang lahiriah disebut manusia dan yang batiniah disebut jin, dari dua jenis makhluk itu bermunculan sifat yang menjadi predikat bagi kedua makhluk tersebut, seperti manusia menyandang predikat sesuai dengan sifat lakunya semisal; musyrik, fasiq, munafiq dan syaithanul insi yaitu setan dari bangsa manusia yang selalu mempengaruhi orang lain untuk berbuat maksiat atau mengingkari perintah dan ketetapan Allah, sebaliknya manusia yang baik-baik juga mempunyai predikat sesuai dengan sifatnya seperti; mu'minin, muslimin, muhsinin, mukhlisin dan muttaqin dengan berbagai macam derajat dan maqom dalam status disisi Allah semisal Rasul, Anbiya, Auliya dan lain sebagainya. Nah, dari bangsa Jin juga sama mempunyai predikat sesuai dengan sifatnya seperti; Malaikat, Setan, Iblis dan lain sebagainya. Adapun penciptaan Jin atau Iblis dari api sedang malaikat dari Nur, coba kamu perhatikan dan cermati, Nur itu artinya Cahaya, kalau kamu lihat Api, apakah ada api yang tidak bercahaya..? Cahaya itu muncul dari api yang menjadi sifat dan sekaligus predikatnya. Jadi, tidak akan bingung kalau memahaminya runut dan teratur seperti yang bapak jelaskan..

_____________

SALIKAH
Bapak mohon izin bertanya, setelah saya ziarah kemakam ayah, ibu dan kakak-kakak saya yang ada hampir setiap malam saya selalu bermimpi mereka semua, mohon bimbingan apa yg harus saya lakukan?

MURSYID
Zikir dan doa setiap mau tidur dan Insya Allah nanti semuanya tidak akan ada dalam mimpimu..

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah amal jariah sudah bisa menghapus utang orang tua kita yang sudah meninggal? orangtua saya sudah meninggal dan saya tidak tahu apakah orang tua saya meninggalkan hutang tapi saya pernah mendengar kalau ibu saya meninggalkan hutang tetapi saya tidak tahu orang yang meminjamkan hutang ke ibu saya. mohon penjelasannya Bapak.

MURSYID
Kalau tidak tahu tempat dan orang yang dihutangi oleh almarhum maka dengan memperbanyak SHODAQOTUN JARIYAH itu sama saja menghapuskan nilai hutang tersebut, kemudian bila bertemu orang yang memberikan hutangan, segera bayarkan atau memperjelas tentang status hutangnya.

_____________

SALIKAH
Mohon ijin untuk bertanya Bapak, 
1. Bagaimana adab kita kepada pembina Munassiq didaerah?
2. Bagaimana hakikat berjihad? apakah lebih utama di bandingkan keluarga, mohon doa dan bimbingan Bapak untuk kami sekeluarga untuk tetap istiqomah di Akmaliah.

MURSYID
1. Layaknya sebagai saudara seperjalanan atau saudara seiman yang harus saling menjaga dan mengingatkan dan tetap mematuhi dalam koridor sistem organisasi yang telah dibuat dan ditegakkan..
2. Membangun rumah tangga yang SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH itu sendiri disebut JIHAD, lalu mau jihad yang bagaimana lagi..? Kecuali kalau negara dalam kondisi genting karena ada invasi dan agresi dari luar, maka untuk mempertahankan negara kita itu lebih utama ketimbang kelonan dengan keluarga karena HUBBUL WATHON MINAL IMAN Cinta pada Negara sendiri itu sebagian dari Iman. Berbeda dengan kata JIHAD yang terkait dengan perjuangan dakwah dalam bentuk USWATUN HASANAH atau MEMBANGUN MAJELIS, MASJID atau MUSHALLA itu harus dipertimbangkan manfaatnya, apakah lebih bermanfaat kelonan dengan keluarga atau berkumpul bersama dengan orang-orang yang sedang membangun atau berjuang dalam syi'ar Islam..

_____________

SALIKAH
Bapak, ibu saya itu belum baiat torekoh tetapi ingin melakukan shalat tasbih dan tidak mandi dulu. Apakah diperbolehkan Bapak?

MURSYID
Boleh dan silahkan, kalau belum tahu caranya kamu harus bisa menjelaskan dan membimbingnya agar tidak salah dalam melaksanakan shalat tasbih..

_____________

SALIKAH
Bapak, apabila orang tua sudah sepuh dan tidak kuat puasa, bagaimana cara membayarnya? apakah Fidyah nya dibayar setiap hari?

MURSYID
Boleh dibayar di akhir ramadhan, itu lebih baik dengan bersamaan zakat lainnya..

_____________

SALIKAH
Mohon penjelasan Bapak :
1. Sebelum shalat kita kewajiban berwudhu, padahal kita sudah mandi (dengan bersih menurut kita), apakah kelebihan wudhu dari mandi?
2. Sebelum wudhu cukup baca basmalah saja atau setiap membasuh anggota wudhu harus baca doanya (seperti yg ditulis pada buku-buku penuntun shalat)?

MURSYID
1. Wudhu itu membersihkan dari wilayah dalam diri (ruhaniah) dan bersifat mensucikan bukan membersihkan, sedangkan mandi itu hanya membersihkan wilayah jasmaniah bukan ruhaniah..
2. Cukup diawali dengan BASMALAH, tidak harus membaca doa disetiap membasuh anggota wudhu, tapi jika bisa dan hafal doanya tidak mengapa dan bagus karena doa itu ialah rangkaian adab yang dibuat oleh para ulama agar kita saat wudhu tetap khusuk.

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah boleh jika kita belum aqiqah lalu kita langsung qurban?

MURSYID
Bolah bahkan dianjurkan, karena qurban dan aqiqah itu dua ibadah yang berbeda. Aqiqah itu tanggungjawab orang tua terhadap anaknya sedangkan qurban itu sunnah muakkadah bagi setiap orang yang mampu pada saat datangnya musim hajji atau musim qurban..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel