TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 24 April 2018/08 Sya’ban 1439H


Selasa , 24 April 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Selasa, 24 April 2018/08 Sya’ban 1439H


SALIKAH
Bapak, Kadang dalam bekerja kita tidak sependapat dengan atasan mungkin krn kita beda pemahaman (agama). bagaimana menyikapinya kadang terlihat saya seperti membangkang. Mohon bimbingannya.

MURSYID
Selama tidak terkait dengan wilayah syari'at, maka sebaiknya kamu ikuti pendapat atasanmu, itu lebih baik bagimu, kecuali kalau nalar dan logikamu dapat mematahkan pendapatnya dengan santun dan halus itu akan lebih istimewa. Bekerja disuatu perusahaan yang menganut sistem dan managemen global, kamu harus mengikuti alurnya dan menyeimbangkan diri di derasnya arus sistem yang terkadang bertentangan dengan hati nuranimu. Percayalah, bahwa tidak ada dosa bagimu bila mengikuti alurnya..

_____________

SALIKAH
Bapak, Jika menghadapi masalah atau ujian dlm hidup yg terasa sangat berat seakan tak mampu untuk menjalaninya kemudian teringat pada fatwa Bapak bahwa Allah tidak akan menguji hamba diluar kemampuan hamba lalu seketika itu lgsg tergumam sendirian seolah bercurhat langsung kepadaNYA mengungkapkan segala keresahannya sambil memohon padaNYA utk diberikan jalan keluar dlm masalah/ujian tsb ( tp berdialognya bukan setelah shalat tp saat duduk tafakur sendirian misal saat di kantor ato dirmh ) dlm dialog tsb tergambar seolah saya berhadapan dg Bapak namun sebutan saya dlm dialog tsb menyebut ya Allah... kemudian saya curhat kpd NYA sebagaimana saya curhat kepada Bapak dan berhadapan secara langsung...
Salahkah sikap saya yg demikian Bapak? Krn spt itulah yg sering saya alami  
Apakah sikap dan perbuatan spt itu termasuk dlm golongan seorang hamba yg tidak ber adab kpd TuhanNYA? 
Mohon petunjuk dan bimbingan Bapak...

MURSYID
Sudah baik dan bagus sikap adab dalam doa maupun curhatanmu.

_____________

SALIKAH
Bapak, mengenai penyakit gangguan mental seperti schizofrenia, bipolar, paranoid dsb.. Apa kaitannya dgn ajaran agama islam Bapak? Apakah memang ada penyakit seperti tsb atau yg dirasa oleh penderita nya hanyalah ujian dan cobaan dari Allah swt? Apa ada kaitannya dengan penyakit hati? Lalu bagaimana menyembuhkannya Bapak? Mohon penjelasan dan bimbingannya.

MURSYID
Penyakit tersebut sudah ada dari zaman dulu, hanya namanya saja yang berbeda-beda, seperti di jawa juga menyebutnya KENTIR, RAWARAS, MIRING dan lain sebagainya. Intinya, kebanyakan orang yang terkena penyakit itu disebabkan PADAM IMAN nya. Banyak pikiran mengawang, jiwa ingin menggapai sesuatu dan diri berambisi untuk memiliki dan menguasai sesuatu namun tak kesampaian akhirnya jiwa dan hati bertambah gelap. Gambaran lain, bahwa saraf-saraf yang ada di kepala teristimewa otak itu berkonekting dengan hati dan jiwa, bila kehendak hati melebihi kapasitas kekuatan saraf otanya, maka akar terjadi gesekan yang menyebabkan terluka sarafnya, bahkan ada yang sampai rusak dan terputus. Akhirnya, antara hati dan pikiran atau akal tidak konek lagi dengan kata lain tidak singkron yang menyebabkan berkelakuan tidak wajar dan bisa disebut stress atau tidak waras..

_____________

SALIKAH
Bapak, bagaimana cara mengajak orng tua untuk ibadah karena menurutnya berbuat baik kpd orng sudah cukup dan tidak melakukakn sholat.

MURSYID
Berikan pemahaman yang baik dan bernar menurut islam dengan contoh Rasulullah SAW yang selalu berbuat baik pada setiap orang tapi tetap tidak meninggalkan shalat dan ibadah lainnya. Jika sudah berulang kali diajak dengan kata-kata tidak juga ada perubahan, maka biarkan mereka tapi tetapkan dirimu ber-akhlaqul karimah dalam kehidupan setiap harinya, itu sudah cukup untuk menarik perhatiannya agar dapat mengikuti jejakmu dalam beribadah.

_____________

SALIKAH
1. Bapak, anak saya ngaji lalu dibilang guru ngajinya bahwa orang islam tidak boleh makan daging onta dan dibilang juga kalau makan tidak boleh baca bismilah. Karena saya kesal dengernya, akhirnya saya berhentiin ngajinya. Apakah tindakkan saya itu salah? Kalau saya pikir, jika diterusin ngaji, anak saya nanti nurut apa yg dibilang sm guru ngajinya.
3. Saya mempunyai harta emas kemudian dipinjam oleh orang lain dan orang tersebut menggadaikannya. Apakah saya masih wajib untuk mengeluarkan zakat atas harta saya yang dipinjamkan itu Bapak?

MURSYID
1. Tidak salah bagi orang tua yang menjaga dan melindungi anaknya dari segala bentuk yang membahayakan dirinya lahir dan batin, tapi alangkah eloknya sebelum menyetop anaknya dari pengajian tersebut, tanyakan maksud perkataan itu, benar atau hanya becandaan atau ada maksud lain dalam cerita. Setelah jelas perkaranya, baru mengambil sikap untuk menentukan anakmu berhenti ngaji atau diteruskan.
2. Tidak wajib dan terbebas dari zakat..

_____________

SALIKAH
Bapak, ketika sedang sholat bareng anak saya 7 tahun bolehkah saya agak keraskan setiap bacaan salatnya dengan maksud untuk mengajari anak/ memperlancar bacaan sholat anak?

MURSYID
Boleh dan bagus, yang penting tidak pakai speaker hingga tetangga sampai dengar 

_____________

SALIKAH
Bapak, mengenai infak atau sodaqoh. 
1. Bolehkah infaknya dikeluarkan secara dicicil setiap hari atau perminggu untuk dimasukaan ke kotak amal?
2  Niatnya bagaimana kalau infak atau sodaqoh nya itu untuk orangtua atau keluarga yang sudah meninggal?

MURSYID
1. Boleh dicicil dan tidak ada masalah, tapi apakah kamu tahu bahwa hari esok masih hidup untuk melunasi cicilan infaq yang masih tersimpan pada dirimu..?
1. Apakah kamu tega memberikan kotoran pada orang tuamu atau keluargamu..? Zakat itu bersifat membersihkan harta yang ada pada dirimu, bayangkan air bekas cuci piring atau cuci bajumu diberikan kepada orang tua untuk mandi atau lain sebagainya..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel