TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 10 April 2018/23 Rajab 1439H


Selasa , 10 April 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari         : Selasa,
Tanggal  : 10 April 2018/23 Rajab 1439H


SALIKAH
Bapak, mohon penjelasan mengenai lahan kemaksiatan dikalam bapak hari ini.

MURSYID
Sudah jelas dalam kalam hikmah tersebut seperti yang telah di share, bukan LAHAN KEMAKSIATAN tapi "orang yang menjadikan tempat kerjanya sebagai AJANG KEMAKSIATAN". Maksudnya, ditempat kerja banyak pula yang melakukan kemaksiatan dengan cara mendiskriditkan teman sekerjanya atau melakukan ghibah dan lain sebagainya.

_____________


SALIKAH
Bapak, ada saudara satu keluarga yang akan menjalani ibadah umroh, tetapi salah satu dari mereka sedang haid. Bukankah Baitullah itu harus dalam keadaan suci?

MURSYID
Iya memang harus kondisi bersih dan TIDAK SAH UMROH nya, terlebih pembimbing atau MUTHOWIF nya orang biasa yang hanya sekedar pekerja travel. Oleh karenanya, bila mau UMROH sebaiknya yang ada PEMBIMBINGnya dan pembimbingnya seorang ULAMA WARATSATUL ANBIYA, Insya Allah saat terjadi seperti yang kamu tanyakan itu akan mendapat solusinya. Terlebih lagi pembimbingnya seorang arifin billah atau seorang AULIA akan lebih istimewa lagi UMROH nya..

_____________

SALIKAH
Bapak, mengenai zakat harta untuk emas harus sudah berapa gram yg wajib di zakat kan? Saya pernah dengar Bapak bilang kalau emas nya sudah dipakai dalam setahun itu tidak wajib di zakatkan. Dan kemana baiknya dialirkan zakat itu?

MURSYID
Diambil dari ukuran atau NISAB 20 Dinar Emas atau sekitar 85 grm dengan haul satu tahun tidak digunakan sebagai perhiasan maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5%. Kalau perak itu 200 Dirham atau sekitar 595 grm dengan haul satu tahun tidak digunakan sebagai perhiasan maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5%. Nah, bila akan dinilai dengan rupiah maka harus dihargai sesuai harga pada saat mengeluarkan zakat tersebut.
Adapun yang berhak menerima zakat sesuai dengan syari'at Islam ialah ada delapan MUSTAHIQ antara lain:
1. Fuqoro (orang fakir), 
2. Masakin (orang miskin), 
3. 'Amilin (orang yang bekerja mengatur zakat), 
4. Mualaf (orang yang hatinya cenderung kepada Islam. Bukan orang yang sudah masuk Islam), 
5. Dzur Riqob (budak) yaitu untuk menebus budak agar menjadi merdeka layaknya manusia pada umumnya. 
6. Ghorim, yaitu orang yang punya hutang karena agama seperti dalam pembangunan tempat ibadah ia punya hutang karenanya, 
7. Fisabilillah, orang yang berjuang di jalan Allah (dalam hal ini masuk seperti para Kyai yang tidak mendapat gaji dari pemerintah) 
8. Ibnu Sabil, yaitu seperti musafir atau orang yang sedang menuntut ilmu di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya.

_____________

SALIKAH
Bapak, kalau Istri menolak ajakan suami kan berdosa. Bagaimana jika suami menolak ajakan istri berkali kali?

MURSYID
Berdosa juga karena dianggap tidak memenuhi kewajibannya sebagai suami dalam memberikan nafkah.

_____________

SALIKAH
Bapak, mohon penjelasan mengenai pengertian kalam hikmah pagi ini. 

MURSYID
Maksudnya, jika kamu orang yang bekerja atau berdagang di suatu tempat, jangan dijadikan tempat itu sebagai ajang kemaksiatan seperti saling menjatuhkan dengan memfitnah sesama teman sekantor atau mengghibah (mengumpat) orang lain demi dirinya mendapatkan simpatik dari atasan atau ngerumpi dipangkalan dagangannya dengan yang ada disekitarnya atau banyak lagi kemaksiatan yang dilakukan ditempat mengalirnya rezeki. Nah, jika kemaksiatan itu dilakukan maka rezekinya tidak akan menjadi berkah dalam kehidupannya.

_____________

SALIKAH
Bapak, terkait dengan jilbab dan dosa jariyah. Jika mengupload foto sudah pakai jilbab tetapi ada laki2 yg kurang baik dalam memandang, bahkan berbicara merayu apa itu juga termasuk dosa jariyah buat yg upload foto bapak?

MURSYID
Itu tidak termasuk dosa jariyah, karena laki-lakinya memang yang punya penyakit hati dan tidak bisa mengendalikan nafsunya.

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel