TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 27 February 2018/11 Jumadits Tsani 1439H


Selasa , 27 Februari 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari : Selasa,
Tanggal : 27 February 2018/11 Jumadits Tsani 1439H

 

SALIKAH
Bapak, digroup Salsha sudah berapa kali minggu ini di share KAJIAN atau pun tanya jawab PAS SEMA, apakah bagi kami yang belum bisa datang ke Akmaliah karena memang suatu halangan. Itu bisa diartikan Bapak memang sudah mengijinkan kami untuk memudahkan bagi kami juga Bapak?

MURSYID
Iya betul, Bapak menyuruh untuk ngeshare kajian PAS SEMA ke group PAS MASA dan PAS SalSha, dimaksud sebagai jembatan untuk memahami kajian Selasa Malam. Jadi, suatu saat sudah mengerti dan tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang ilmu tauhid dan hakikat itu sudah bisa menerima dengan mudah alias tidak terkaget-kaget..
_____________

SALIKAH
Bapak, bagaimana adab kita sebagai anak dan anak mantu dalam menghadapi orang tua yang sudah sepuh? kita sebagai anak dan anak mantu yg ada selalu salah. Bila kita banyak diam apa kita berdosa? Karena bila kita kasih saran malah marah karena bapak mertua selalu menjelek jelekan ke anak yg lainnya karena bapak mertua tinggal berpindah pindah. Sekarang pun lagi marah karena kita kasih saran kalau tidak baik bila membuat anak tidak nyaman karena omongan bapak mertua.

MURSYID
Dimaklumi orang tua yang mungkin sudah pikun dan juga tidak beragama dengan baik dan benar, saran tetap boleh terus disampaikan tapi berbuat baik dalam urusan dunia juga tetap wajib dilakukan walau orang tuamu tidak suka sekalipun. Yang penting kamu sudah menunaikan kewajibanmu sebagai anak. Kalau sudah berulang kali memberikan saran dan tetap saja seperti itu kelakuannya, maka diam itu lebih baik bagimu.
_____________

SALIKAH
Bapak, anak kami umur 5 tahun ingin belajar ngaji di TPA dekat tempat kami tinggal, tapi diwajibkan orang tua mengikuti pengajian ahad pagi dilanjutkan denan rowatib bersama. Apakah jika kami mengikuti Rowatib itu sama artinya menduakan Bapak dan bagaimana kami menjelaskan kepada anak kami . Mohon bimbingan Bapak 

MURSYID
Tidak demikian, ikuti saja demi anakmu, yang penting kalau kajiannya menyimpang atau tidak sesuai dengan perjalananmu sebagai salikah, tidak usah dimasukan ke hati alias abaikan.
_____________

SALIKAH
Mohon bimbingan Bapak atas kebimbangan hati saya..

MURSYID
Bimbang dan galau hatimu itu pastinya karena ada seusatu yang kamu inginkan atau yang kamu sendiri tidak bisa menentukan sikapnya untuk memilihnya. Nah, jika demikian sebaiknya kamu perbanyak zikir atau minta petunjuk pada allah dengan shalat istikharah atau lain sebagainya..
_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel