MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1441 HIJRIYAH


Sabtu , 31 Agustus 2019 Event Khusus

Menyambut 1 Muharram 1441 Hijriyah
Menyambut 1 Muharram 1441 Hijriyah

Seperti yang telah disampaikan oleh Mursyid Akmaliah bahwa tahun baru Islam jatuh pada hari Minggu, tanggal 01 September 2019. Seperti biasa, dalam rangka menyambut tahun baru islam ini pun Mursyid Akmaliah mengadakan thoriqoh berjamaah yang akan dipimpin langsung oleh Mursyid Akmaliah pada malam 1 Muharram 1441 Hijriah (tanggal 01 September 2019, pukul 01.00 WIB). 

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Quran bahwa bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang disucikan Allah SWT.

‎إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”
(QS: at-Taubah: 36)

Selain thoriqoh atau qiyamul lain ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan oleh Mursyid Akmaliah "Selain puasa sunah 1-10 Muharam juga memperbanyak sedekah dengan memberi makan para fakir miskin juga sangat dianjurkan untuk menyantuni dan menyayangi anak-anak yatim, terlebih mengangkatnya menjadi bahagian dari keluarganya", jelas Mursyid Akmaliah, CM Hizboel Wathony.

Insya Allah, semoga di tahun baru hijriyah ini kita bisa lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah kita, amin ya rabbal ‘alamin.