MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1441 HIJRIYAH

Seperti yang telah disampaikan oleh Mursyid Akmaliah bahwa tahun baru Islam jatuh pada hari Minggu, tanggal 01 September 2019. Seperti biasa, dalam rangka menyambut tahun baru islam ini pun Mursyid Akmaliah mengadakan thoriqoh berjamaah yang akan dipimpin langsung oleh Mursyid Akmaliah pada malam 1 Muharram 1441 Hijriah (tanggal 01 September 2019, pukul 01.00 WIB). 


BAITUL MAL PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH

Yayasan Pesantren Akmaliah Salafiah telah mendirikan unit organisasi baru yaitu Baitul Mal Pesantren Akmaliah Salafiah (BMPAS) yang peresmiannya dilakukan diresmikan langsung oleh Mursyid Akmaliah pada hari Minggu,10 Februari 2019. 

Pendirian BMPAS merupakan gagasan langsung dari Mursyid Akmaliah yang bertujuan agar salikin salikah Pesantren Akmaliah Salafiah terbebas dari hutang rentenir/bank, hutang sesama salikin/salikah dan terbebas dari riba. Moto dari BMPAS sendiri ialah sebagai Pilar Perekonomian Salikin Salikah Pesantren Akmaliah Salafiah.

Untuk mencapai tujuan tersebut  BMPAS telah membentuk kepengurusan dengan ketuanya Aidhil Philip Julian yang mengemban tugas untuk mengelola, menyalurkan dan mengoptimalkan Shodaqotun Jariyah yang digunakan untuk kepentingan Salikin Salikah sebagai salah satu wujud Ruhama Bainahumma & implementasi Kal Jasadil Wahidah.

“Perlu diketahui bahwa dana BMPAS itu berasal dari shodaqotun jariyah (shoja) Salikin Salikah, infaq atas pinjaman modal usaha, bagi hasil usaha bersama antara Salikin Salikah dan BMPAS dan usaha mandiri BMPAS sehingga kita harus sadar bahwa BMPAS ini adalah dari kita dan untuk kita. Dari Salikin Salikah dan tentunya kembali lagi untuk Salikin Salikah yang membutuhkannya”, ungkap Ketua BMPAS. 

“Jenis layanan BMPAS ada 4 yaitu Pinjaman Tanpa Agunan dan Bunga (PINTAB), Pinjaman Modal Usaha (PMU), Kerjasama Usaha (KSU) dan Usaha Mandiri Badan (UMB)/ Usaha Mandiri Swakelola (UMS)”, lanjut Ketua BMPAS.

Insya allah, dengan adanya BMPAS maka seluruh Salikin Salikah dapat terbebas dari hutang rentenir, hutang bank, hutang sesama Salikin Salikah, terbebas dari riba  dan pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh Salikin Salikah.

09 Jul 19 | by Hani Hizboel Munassiq

KERJA BAKTI RUTIN PESANTREN AKMALIAH

Dalam rangka merawat gedung Pesantren Akmaliah Salafiah kegiatan rutin kerja bakti mulai diadakan kembali. Pada Ahad ini, 30 Juli 2019 dilakukan oleh Munassiq KDW bersama dengan Ikatan Remaja Akmaliah (IKRA). dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. 

Kerja bakti ini merupakan kegiatan rutin dilingkungan Pesantren Akmaliah Salafiah. “Masing-masing munassiq mendapatkan jadwal Kerja Bakti yang dilakukan bergilirian setiap hari Ahad. Alhamdulillah niat baik tersebut disambut hangat oleh tim Orgajam dan seluruh salikin di setiap munassiq”, ungkap Ketua PAS Bapak Rinto Dwi Sumarno. 

Pada Ahad ini, salikin Munassiq KDW yang terdiri dari  Mashudi, Hermawan, Syafei, Sukandar, Ishak, Imam, Erwan, Sikun, Sukandar belly, Fadhlan, Roni dan anggota IKRA yang terdiri dari Yandi, Anwar, Ghany, Iim, Hadi, Zikri, Abil, Akbar, Hakim, Dira, Syifa, Hana, Isma terlihat sangat kompak dan semangat dalam menjalankan amanah untuk membersihkan lingkungan Pesantren Akmaliah Salafiah. Hal tersebut selaras dengan pernyataan dari Ketua Munassiq KDW Bapak Hudi “Kami senang dan semangat banget membersihkan gedung Akmaliah”

“Alhamdulillah lancar jaya kerja baktinya dan saling berbagi tugas antara Munassiq KDW dan IKRA. Kami yang muda-muda juga sampai mengumpulkan (menyimpan) handphone sebelum mulai kerja bakti agar lebih fokus kerja baktinya”, lanjut Yandi Haris salah satu anggota IKRA.

Wakil ketua Munassiq KDW menjelaskan tentang pembagian tugas kerja bakti, “11 orang salikin perwakilan dari munassiq KDW membersihkan kamar mandi laki-laki dan kamar mandi perempuan, membersihkan area tempat wudhu laki-laki dan perempuan, membersihkan pelataran dan area depan tempat wudhu dan membersihkan tangga masuk utama majelis hakekat. Sedangkan 13 orang salikin dan salikah perwakilan dari IKRA membersihkan karpet majelis hakekat, membersihkan lantai majelis hakekat dan membersihkan kipas angin majelis hakekat”. 

Dengan adanya kerja bakti ini Ketua Munassiq KDW berharap agar sesama salikin bisa lebih kompak dan tambah guyup. Dan Yandi Haris pun sebagai perwakilan dari IKRA berharap agar kita semua mempunyai rasa memiliki Pesantren Akmaliah Salafiah dan menganggap Pesantren Akmaliah Salafiah adalah rumah kedua bagi kita semua sehingga selalu ada rasa menjaga Pesantren Akmaliah Salafiah sampai akhir hayat dan berharap ridho dari Bapak dan pastinya menjadi penerus bagian dari Pesantren Akmaliah Salafiah.