23 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 23 Januari 2018/06 Jumadil Awal 1439H

Dihormatinya seseorang itu karena ada padanya salah satu diantara; Ilmunya, Jabatannya, Kekayaannya, Keturunannya. Semua itu adalah penghormatan di dunia dari manusia, kecuali orang yang berilmu agama (islam) mendapat sanjungan langsung dari Allah dan diangkat derajatnya lebih tinggi dari makhluk lain yang telah dimuliakan Allah

Selengkapnya
22 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 22 Januari 2018/05 Jumadil Awal 1439H

Hakikat orang yang kaya ialah orang yang mempunyai sifat Qana'ah (menerima apa adanya). Hati yang qana'ah selalu tenteram dalam menghadapi semua persoalan hidup, baik dalam bentuk ujian penderitaan atau berlimpah nikmat. Jika sedang menghadapi ujian dan cobaan, maka langsung berlindung hanya pada Allah dan jika sedang berlimpah kenikmatan tidak akan lupa bersyukur dan sujud hanya pada Allah. Hatinya tidak terpengaruh oleh situasi apapun yang ada disekelilingnya, tenang dan damai menuju kepada Allah.

Selengkapnya
20 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 20 Januari 2018/03 Jumadil Awal 1439H

Tawakkal (pasrah) adalah sifat hamba yang sangat dicintai Allah. Pasrahkanlah hidupmu hanya pada Allah tanpa mengabaikan usaha dan ikhtiarmu, niscaya Allah akan mencintaimu dengan melimpahkan kecukupan dalam hidupmu disetiap yang kamu butuhkan. Ada beberapa tingkatan orang yang Tawakkal; pertama kepasrahan seorang bawahan terhadap atasannya yang masih ada pamrih dengan fasilitas, kedua kepasrahan seorang anak pada kedua orang tuanya yang mengharap belaian cinta kasihnya, dan yang ketiga ialah kepasrahan seorang mayat dihadapan orang yang mengurusinya yang tidak ada protes sedikitpun dalam hal apapun dan akan diapakan dirinya. Coba renungkan dengan jujur bahwa posisi kita ada di tingkatan yang mana dalam hal tawakkal pada Allah."

Selengkapnya
19 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 19 Januari 2018/02 Jumadil Awal 1439H

Kematian adalah sebuah takdir yang tidak bisa dihindari dan datangnya sangat dirahasiakan oleh Allah. Oleh karenanya, sebaiknya kita bersiap untuk menghadapi kematian dengan mengamalkan ilmu tahuhid dan hakikat tanpa mengabaikan syari'at yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kita juga tidak boleh terlalu berani menghadapi kematian dengan "gagah-gagahan", tapi juga tidak boleh ditakuti akan datangnya kematian, pasrahkan saja pada Allah dan mengalirlah seperti air dalam menghadapi kematian dengan diiringi doa "Ya Allah mudahkanlah kami dalam sakratul maut dan jadikanlah kami golongan orang yang husnul khatimah." "

Selengkapnya
18 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 18 Januari 2018/01 Jumadil Awal 1439H

Bila rumah tangga sudah dilanda kesenjangan spiritual maka yang terjadi ialah jauh dari kebahagiaan dan dalam menyikapi kehidupan yang terdapat disekililingnya akan selalu bertententangan satu dengan lainnya. Begitu pula kesenjangan intelektual dan sosial akan selalu menjadi masalah yang sangat serius. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan rumah tangga yang "sakinah mawaddah warahmah" maka usahakan untuk mensejajarkan pasangan hidupnya dengan saling mengisi kekurangan pasangan hidupnya dibidang spiritual, intelektual dan sosial."

Selengkapnya