IDUL ADHA 1438H DI PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH


Ahad , 03 September 2017 Event Khusus

Idul Adha 1438h Di Pesantren Akmaliah Salafiah
Idul Adha 1438h Di Pesantren Akmaliah Salafiah

Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS) mengadakan Sholat Idul Adha 1438 H pada hari Jumat tanggal 1 September 2017.

Mursyid Akmaliah, CM Hizboel Wathony,  sebagai Imam dan Khotib Sholat Idul Adha. Dalam khotbahnya menyampaikan bahwa kita sebagai umat islam haruslah menjadi orang-orang yang bersyukur. Rasa syukur harus terus ditumbuhkan di dalam hati baik syukur secara hakiki maupun secara sosial. Dan salah satu bentuk syukur kita saat memiliki kesempatan dan kelebihan rejeki ialah dengan melakukan ibadah nusuq yang salah satunya ialah berqurban. "Ini adalah wujud syukur kita sebagai umat Islam dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT,” ungkap Mursyid Akmaliah. 

"Jangan pernah ada kata saya sudah berqurban tahun lalu karena Qurban bisa dilakukan setiap tahun terlebih jika kalian memiliki kesempatan dan kelebihan rejeki. Semoga qurban kita diterima oleh Allah SWT dan juga kita bisa melaksanakan Qurban yang hakiki yaitu menundukkan segala bentuk nafsu kebinatangan kita, amin", tambah Mursyid Akmaliah.

Lebih lanjut, Mursyid Akmaliah menyampaikan bahwa target utama manusia hidup ialah mengenal tuhannya. Allah SWT berfirman dalam hadis Qudsi :

‎ كنت كنزاً لا أعرف، فأحببت أن أعرف فخلقت خلقاً فعرفتهم بي فعرفوني 

Aku ini perbendaharaan yang tersembunyi. Maka dengan kata lain bahwa Allah menciptakan mahluk itu karena ingin dikenal. 

Oleh sebab itu manusia diturunkan ke bumi wajib mengenal-Nya. Kalau tidak mengenal sang penciptanya, meninggalnya itu sama tak ubahnya seperti hayawan

Allah SWT pun berfirman dalam QS. Al 'Araf  ayat 179 :

‎وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

"Manusia diangkat derajatnya dengan Allah SWT dengan memberikan hati, mata dan telinga. Sehingga jika manusia tersebut tidak menggunakan dengan baik dan benar apa yang Allah SWT sudah kasih maka sama saja dengan binatang", jelas Mursyid Akmaliah.

Pada Hari Raya Idul Adha kali ini, ada 12 hewan qurban yang diterima oleh panitia qurban PAS. Sebanyak 5 ekor sapi disembelih langsung oleh Mursyid Akmaliah ditempat penyembelihan PAS dan 7 ekor sapi lainnya disembelih di tempat-tempat munassiq luar JABODETABEK yaitu  Brebes Selatan (Majelis Ibrahim), Sumenep, Brebes Utara (Songgom), Sragen, Solo Raya, Mojosongo dan Simo. Semua daging hewan qurban akan dibagikan ke salikin PAS dan juga masyarakat sekitar. Di lingkungan PAS sendiri, panitia menyiapkan 1.300 kupon untuk dibagikan.



Pemotongan 5 ekor sapi dimulai pukul 09.00, Setiap sebelum penyembelihan hewan qurban, Mursyid Akmaliah selalu "berdialog" terlebih dahulu dengan hewan qurban tersebut. Hal itu bertujuan agar hewan qurban tersebut bisa dikendalikan. Mursyid Akmaliah juga mengungkapkan bahwa setiap hewan qurban yang disembelih itu juga untuk menundukkan nafsu binatang yang ada didalam diri setiap orang yang berqurban.

Mengenai sistem pembagian daging qurban, Ketua PAS, Bapak Rinto Dwi Sumarno mengungkapkan, "Tahun ini kita memperbaiki sistem pembagian kupon yaitu kupon yang dibagikan wajib diterima oleh yang bersangkutan namun saat pengambilan daging qurban boleh diwakilkan. Selain itu kemasannya menggunakan kotak plastik berlabel PAS agar lebih awet saat penyimpanan dan juga lebih praktis".

Ketua Panitia Qurban, Bapak Chepy, mengungkapkan bahwa pembagian hewan Qurban dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul16.00 WIB. Semua orang yang sudah mendapatkan kupon bisa langsung menukarkan kupon tersebut di lapangan parkir Pesantren Akmaliah Salafiah sebagai tempat penyembelihan hewan qurban.

Alhamdulillah, semua daging qurban sudah dibagikan ke semua orang yang berhak menerimanya. Semoga amal ibadah nusuq kita diterima oleh Allah SWT dan semoga juga kita bisa melakukan qurban yang hakiki yaitu mematikan dan menundukkan segala bentuk nafsu kebinatangan yang ada di dalam diri. Amin amin ya robbal alamin.