PELATIHAN VIDEO EDITING PUBDOK & IT PAS


Ahad , 06 Agustus 2017 Event Khusus

Pelatihan Video Editing Pubdok & It Pas
Pelatihan Video Editing Pubdok & It Pas

Publikasi Dokumentasi dan Informasi Tekhnologi Pesantren Akmaliah Salafiah atau PUBDOK & IT PAS mengadakan Pelatihan Video Editing di Ruang Meeting PAS pada hari Minggu, 06 Agustus 2017 pukul 09.00 - 15.30 WIB.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari Ketua PUBDOK-IT, Bapak Edwin Hermawan, dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dono Merdiko. Pelatihan yang dihadiri oleh Tim Pubdok & IT tersebut bertujuan agar semua anggota bisa memiliki keahlian dan kemampuan dalam hal editing video. "Ini juga salah satu cara agar ada regenerasi dan tidak mengharapkan hanya dari 1 orang saja untuk mengedit video", tambah Ketua PUBDOK & IT, Edwin Hermawan, saat menyampaikan sambutannya.

Dono Merdiko yang merupakan salah satu anggota PUBDOK-IT dan sekaligus juga menjadi fasilitator pada acara pelatihan tersebut menjelaskan secara detail bagaimana proses editing video. Mulai dari  aplikasi / software yang digunakan, pemilihan resolusi video, pengenalan komponen alat edit, proses edit sampai ke proses keluaran (export) hasil edit.

Setelah selesai memberikan materi, para peserta yang hadir dan membawa laptop langsung mencoba mempratekkan bagaimana mengedit video menggunakan aplikasi Adobe Premier Pro CC 2015. Para peserta bisa langsung bertanya dan berdiskusi mengenai kesulitan apa yang dialami saat mengedit video.

Atif Tayib, salah satu anggota PUBDOK & IT yang hadir di Pelatihan Editing Video mengatakan, "Saya senang sekali mendapatkan tambahan ilmu mengenai editing video karena sangat bermanfaat apalagi bisa untuk persiapan membantu mengedit video tausyiah Mursyid Akmaliah saat dibutuhkan".

Salah satu hal yang menarik saat Dono Merdiko memberikan materi pelatihan ini adalah waktu ia mengatakan bahwa seorang editor itu seperti penjahit yang harus bisa menjahit berbagai macam bahan agar menghasilkan karya yang bagus. "Dalam proses editing yang perlu kita bangun adalah sense of art dan kita sebagai editor video harus bisa menjahit gambar-gambar menjadi sebuah satu kesatuan cerita yang bisa memberikan pesan positif bagi yang melihatnya dan tentunya harus ada nilai seni", jelas Dono Merdiko.

Pelatihan Video Editing ini ditutup dengan tips serta saran dari fasilitator agar bisa menghasilkan video yang bagus yaitu jangan pernah malas untuk mencoba dan selalu berlatih.

Semoga ilmu pelatihan video editing ini dapat bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan dokumentasi dan publikasi.