PERTEMUAN WALI SANTRI/WATI KE - 03, TARBIYAH PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH


Sabtu , 29 Juli 2017 Event Khusus

Pertemuan Wali Santri/wati  Ke - 03, Tarbiyah Pesantren Akmaliah Salafiah
Pertemuan Wali Santri/wati Ke - 03, Tarbiyah Pesantren Akmaliah Salafiah

Tarbiyah Pesantren Akmaliah Salafiah mengadakan pertemuan dengan wali santri dan santriwati pada hari Sabtu, 29 Juli 2017 di Gedung Pesantren Akmaliah Salafiah Lantai 2. Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini mengundang seluruh wali santri dan santriwati dengan 2 agenda yaitu pemaparan program pendidikan dan sosialisasi tata tertib.

Acara yang juga dihadiri para ustad dan ustadzah serta pengurus Pesantren Akmaliah Salafiah ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Pesantren Akmaliah Salafiah, Bapak Rinto Dwi Sumarno.

Dalam sambutannya, Bapak Rinto Dwi Sumarno mengungkapkan harapannya kepada seluruh wali santri/wati agar bisa bekerjasama dalam mendidik anak-anak dengan cara mengulang pelajaran di rumah "Ibu-ibu kalau di pengajian itu hanya 60 menit sedangkan dirumah waktunya lebih lama jadi jangan lupa di ulang ngaji nya dirumah agar pemahamannya juga lebih tercapai", jelas Ketua PAS.

Selain itu, Bapak Rinto juga menegaskan kepada wali santri/wati agar anak-anaknya istiqomah mengikuti pengajian-pengajian yang ada. Jangan kadang masuk, kadang tidak."

Setelah sambutan dari Ketua PAS, ada sambutan dari perwakilan wali santri yaitu Anita Saraswati, wali santri dari 3 anak yang mengikuti pengajian TPA di Pesantren Akmaliah Salafiah. "Saya senang anak-anak saya bisa mengaji di Pesantren Akmaliah Salafiah, bukan hanya agar bisa mengaji Al Quran tetapi juga bisa memiliki akhlaqul karimah.", ungkap Anita Saraswati. Dia juga menyarankan kepada para wali santri yang belum masuk ke group Whatsapp (WA) Wali Santri agar masuk ke group WA Wali Santri guna mendapatkan informasi-informasi terkait dengan pengajian TPA. 

Selanjutnya ada pemaparan mengenai program pendidikan dan sosialisasi tata tertib oleh Ibu Dewi Mahabbahtur Roghibah selaku Ketua Bidang Pendidikan PAS.

Sebelum memaparkan 2 agenda rapat, Ibu Dewi menjelaskan tujuan diadakannya TPA 
PAS adalah untuk memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar dengan mengajarkan membaca Al Quran dan mengajarkan santri/wati ber-budi pekerti yang baik. 

Ibu Dewi menjabarkan mengenai materi yang diajarkan di Tarbiyah PAS ada 3 hal yaitu tentang Tauhid, akhlaqul Karimah (Aqidah, Akhlaq, Fiqih), Tartil Quran (Iqra, Tajwid, Nahwu, Shorof).

"Di Tarbiyah PAS dibagi menjadi 2 kelas yaitu Ula dan Tsani. Kelas Ula dibagi lagi menjadi 2 yaitu Ula Sore (Alif, Ba, Ta, Tsa, Jim) dan Ula Malam (Ta, Tsa, Jim) materi pengajarannya sama yaitu IQRO, hanya waktunya saja yang berbeda. Kalau Ula Sore dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib sedangkan Ula Malam dimulai dari Magrib sampai Isya. Untuk kelas Tsani (Alif, Ba, Ta) materinya yaitu Tartil Al Quran, belajar dan memahami kitab kuning. Para santri dan santriwati diharapkan untuk mengikuti solat ashar, magrib dan isya berjamaah." jelas Ketua Bidang Pendidikan.

Selanjutnya, Ibu Dewi menjelaskan mengenai Tata Tertib Santri & Santriwati Tarbiyah Pesantren Akmaliah Salafiah. Salah satu isi tata tertibnya ialah Bagi santri dan santriwati yang tidak mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama tiga hari berturut-turut tanpa keterangan, maka akan dikenakan sanksi. Peringatan yang akan diberikan ada 3 tahap yaitu tahap 1 yaitu peringatan lisan pertama, tahap 2 yaitu peringatan lisan kedua dan terakhir tahap 3 yaitu peringatan tertulis dan memanggil wali santri/wati.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Bapak Atif Tayib. Sebelum berdoa, Bapak Atif Tayib juga memberikan harapannya agar santri dan santriwati bisa rajin mengaji dan menjadi anak yang soleh dan solehah.